EPICTOTO – Bocor Honda siapkan motor baru pakai mesin V3 supercharger.
Memang detail motor ini belum dijelaskan, namun layak ditunggu nih.
Soalnya kabar yang beredar motor mesin canggih ini akan dijual untuk umum.
Mesin V3 atau tiga silinder berbentuk V 75 derajat, dengan dua silinder miring ke depan dan satu silinder ke belakang.
Dengan konfigurasi mesin ini, ukurannya bisa dibuat padat mirip mesin dua silinder segaris alias paralel twin.
Selain itu, dua silinder miring ke depan dapat meningkatkan handling motor, serta satu silinder ke belakang dapat menjaga dimensi motor tetap ramping.
Sebenarnya bukan pertama kali Honda merancang motor bermesin V3.
Pada tahun 1980-an, pabrikan sayap mengepak ini memakai mesin tersebut di motor balap NS500 yang turun di kejuaraan dunia GP500 2-tak.
Baca Juga: video-sopir-truk-yang-tabrak-motor-dan-mobil-di-cipondoh-tangerang-diduga-ugal-ugalan-dari-bekasi
Mesin 2-tak V3 juga terpasang di motor produksi masal, yakni Honda NS400R yang rilis dari tahun 1985 sampai 1988.
Sayang saat masuk era MotoGP 4-tak, Honda meninggalkan konfigurasi V3 dan beralih ke V5 dengan motor RC211V.
Meski belum banyak informasi yang dibocorkan Honda, dapat dilihat dari gambar kalau mesin ini menggunakan desain DOHC dengan 4 katup per silinder.
Mesin ini menggunakan pendingin cairan.
Mengutip Cycleworld.com, sumber dari Jepang menyatakan kapasitas mesinnya sekitar 850 cc.
Sorotan lainnya, mesin ini dilengkapi supercharger elektrik yang umumnya ditemukan di mobil super.
Performa mesin dapat meningkat berkat blower elektronik.
Berbeda dari Kawasaki Ninja H2 yang bekerja secara mekanis.
Pada Kawasaki Ninja H2, impeller pada supercharger digerakkan oleh set gir berupa planetary gear, yang mampu meningkatkan putaran dari step up gear hingga 8,125 kali.
Planetary gear dihubungkan dengan rantai ke step up gear.
Sementara tugas step up gear meningkatkan putaran crankshaft mesin menjadi 1,14 kali.
Artinya saat putaran mesin sekitar 14.000 rpm maka putaran impeller supercharger H2 akan menjadi 130.000 rpm.
Sementara Honda mengandalkan blower elektronik untuk memadatkan udara ke saluran intake.
Keuntungannya, pipa-pipa penghubung hilang, sehingga bobot motor bisa lebih ringan.
Pada prototipe Honda, terlihat posisi supercharger dan ruang plenum tertutup yang diisi dengan udara terkompresi terletak di atas katup gas.
Namun konsep yang ditampilkan baru sekedar rangka kosong, tidak memiliki sistem intake lainnya sehingga tidak jelas bagaimana udara lainnya akan disalurkan, atau bagaimana tangki bahan bakar akan dipasang.
Selin itu, tidak dijelaskan seberapa besar supercharger elektrik akan memengaruhi sistem kelistrikan sepeda motor.
Hal ini berimbas ke pertanyaan, sebesar apa alternator dan aki yang digunakan untuk memasok arus listrik agar supercharger elektrik dapat bekerja signifikan.
Yang pasti sasisnya pakai tabung baja yang relatif sederhana dan terdapat single swing arm yang jadi ciri khas motor superbike Honda.
Sekilas desain swing arm, fork dan rem depan sangat mirip dengan CB1000R.
Honda rencananya akan membuat motor ini sebagai produk massal alias dijual untuk umum.
Jadi penasaran kapan motor baru mesin V3 Supercharger ini meluncur.
Sumber: kodeprediksi.my.id